PART 1 PENGALAMAN TES REKRUTMEN & TIPS TRIK LOLOS ADMINISTRASI PLN 2019

Yogyakarta di awal bulan Oktober

Assalamualaikum..
keputusanku untuk menulis blog ini didasari oleh ucapan terimakasihku kepada blogger* di luar sana yang sudah meluangkan waktu membagiakan setiap pengalaman yang telah mereka lalui yang akan aku lalui. dan... itu sangat bermanfaat untukku!

sangat berharap tulisan ini pun kedepannya bisa juga bermanfaat untuk kalian 😃


#PART 1 SELEKSI ADMINISTRASI PLN#




Sedikit bercerita aku apply lamaran online PLN Program Career Fair Universitas Airlangga pada hari terakhir penutupan pendaftaran 22 Maret 2019 (pendaftaran dibuka dari 13 Maret 2019). Meskipun pada Career Fair/Job Fair tetapi aku tetap bisa melamar online tanpa mengharuskan datang ke stand PLN di Universitas Airlangga.

pendaftaran online hanya dilakukan di rekrutmen.pln.co.id yaa

Oke kita mulai!
Sebelum bisa apply posisi yang kamu mau dan sesuai dengan pendidikanmu, kamu akan diarahkan untuk membuat akun terlebih dahulu dengan klik menu "DAFTAR". dari sini aku akan kasih beberapa tahapan dan tips untuk kamu yang masih banget pada tahap awal rekrutmen PLN.

1. Daftar/Buat Akun PLN

Disini kamu akan diminta isi  data diri email aktif dan pendidikan terakhirmu.
Data diri : wajib diisi sesuai dengan KTP. karena ini yang akan menjadi datamu selama kamu mengikuti seleksi, dan pastinya akan divalidasi oleh panitia rekrutmen suatu saat nanti.

Alamat email : isikan alamat email yang benar-benar aktif, yang sering kamu gunakan dan pastinya yang selalu login di perangkatmu. karena setiap pengumuman PLN akan dikirimkan via email.

Pendidikan Terakhir : Pastikan ini sesuai degan Transkip/Ijazah terakhirmu ya, karena akan berpengaruh saat apply posisi jabatan yang pastinya akan disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan.


2. Buat/Edit CV

Setelah kamu memiliki akun, pantang apply lowongan sebelum edit CV semenarik mungkin. disini hilangin dulu malesnya hilangin dulu. karena ini lah media pertama kamu buat promosikan diri kamu bahwa kamu layak dipertimbangkan lanjut jadi calon pegawai PLN.

aku sangat berharap seluruh data yang diminta pada CV ini kamu isi dengan lenkap, hindari kosong dimana-mana.

a. Isi Sesuai Data
untuk data-data yang memiliki berkas fisik harus kamu isi sesuai data yang ada, seperti data diri, data keluarga, data pendidikan. jangan malas-malas buka lagi ijazah SDnya dst.. jangan malas-malas buka kartu keluarga. lengkapi selengkap-lengkapnya. sertakan tanda "-" pada bagian tidak ada, misal jurusan/program studi ketika SD.

b. TOEFL
aku berharap kalian mengisikan data ini, karena di beberapa lowongan PLN peserta diwajibkan memiliki skor toefl minimal sekian, but... juangan kawatir. fyi (for your information) aku mencantumkan toefl hanya dengan skor prediksi  453 dan dari lembaga kursus berlokasi di gang sempit yogyakarta yang tidak terlalu terkenal. alhamdulillah dikasih kesempatan lolos.. 😊

c. Pengalaman Kerja
buat kamu yang fresh graduate, kamu bisa mengisikan beberapa pekerjaan partime yang pernah kamu lakukan yang relevan karena itu bisa menandakan bahwa kamu adalah orang yang pekerja keras. buat kamu yang sewaktu kuliah pernah ngebantu bantu dosen tuliskan saja sebagai asisten dosen di pengalaman kerja ini 😉.
oh ya hindari penulisan pengalaman kerja yang durasi kerja nya singkat ya seperti 1 atau 2 bulan, karena itu menandakan kamu bukan orang yang loyal. kecuali memang pekerjaan proyek yang memang kontrak penyelesaiannya hanya butuh waktu segitu.

d. Organisasi
menurutku ini adalah salah satu hal yang cukup membuat panitia rekrutmen tertarik memilihmu, jadi jangan dikosongin ya. misal kamu hanya pernah ikut UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan hanya menjadi peserta. isi kan sajaaaa... jangan biarkan bagian ini kosong ya.

e. Keahlian
disini aku bakal kasih contoh saja, kira-kira begini mengisinya

Hardskill: Baik dalam presentasi dan komunikasi, Pekerja Keras, Kesadaran diri pada pekerjaan, baik dalam manajemen waktu dan target, mudah beradaptasi
Softskill: mudah belajar hal baru, loyal, jujur, teliti
Keterampilan Komputer: ms office (exel, powerpoint, word), smartPLS

f. Pelatihan/Kursus
isikan sesuai apa yang kamu lakukan, misal kamu hanya pernah ikut seminar dan jadi peserta. isikan saja. intinya kembali lagi pada pedoman "hindari data kosong"

g. Kelemahan dan Kelebihan
penulisan kelebihan haruslah yang berdampak pada perusahaan, misalnya: mudah mempelajari hal baru, mudah beradaptasi, teliti, penuh motivasi.
penulisan kelemahan harus hati-hati. sebenarnya kamu bisa memanipulasi kelebihan terlihat menjadi kelemahan seperti: perfectsionis, ambisius dan mudah berprasangka.  hindari penulisan keleman seperti: tidak teliti, ceroboh, suka terlambat.

h. Penghargaan
apapun lomba yang pernah kamu ikuti dan misal hanya sebagai juara harapan atau finalist. tetap kamu tuliskan ya. 

Daaaan setelah semua lengkap beserta berkas2 yang kamu upload selesai, tibalah kamu klik applly pada lowongan pekerjaan. sesuaikan jurusan dan lokasi tes ya. klik nya jangan lupa sertakan doa/ ucapkan Bissmillah 

semoga kalian semua sukses, dan aku dengan senang hati membuka pertanyaan di kolom komentar..

Doakan juga semoga aku memiliki banyak waktu untuk segera menyusulkan part-part selanjutnyaa..

💚💚💚

Comments

Popular posts from this blog

PART 1 PENGALAMAN REKRUTMEN PTPN V TES TERTULIS (KEMAMPUAN DASAR & TES BIDANG TUGAS)

PART 3 PENGALAMAN REKRUTMEN PTPN V WAWANCARA PSIKOLOGI, WAWANCARA BIDANG TUGAS, ENGLISH CONVERSATION TEST

PART 2 PENGALAMAN TES REKRUTMEN PLN AKDING AKADEMIK DAN BAHASA INGGRIS ONLINE 2019